Rabu, 26 Maret 2014

BEEF LASAGNA

Beef Lasagna made by me


Saya suka sekali makan lasagna, tapi terkadang seporsi kecil di restoran kurang mengenyangkan buat saya, hihiiii.. mau pesan dua porsi, antara malu dan berat hati juga karena harganya juga tidaklah murah.
Karena penasaran, saya pun mulai mencari-cari resep Beef Lasagna kesukaan saya dengan bertanya kepada teman-teman yang berpengalaman serta sambil mencari tahu melalui internet. Nah akhirnya saya pun menemukan resep yang mudah dipraktekkan bagi pemula seperti saya. Setelah mencoba membuatnya, hasilnya ternyata rasanya enaaaaakkk sekali. Saya pun puas bisa makan sesuai porsi yang saya inginkan alias kenyaaang :P
Mau mencoba bikin sendiri? Yuuk intip resepnya di bawah ini...
Bahan:
250 gr Lasagna instan 
(untuk yang praktis pilih "Pre-Cooked" Lasagna yang bisa langsung digunakan tanpa harus dimasak terlebih dahulu)


Saus Daging/Bolognese Sauce:
500 gr daging giling/cincang
1 bh wortel, potong kotak-kotak kecil

1 siung bawang putih, keprek, cincang halus
1 bh bawang bombay berukuran sedang, cincang sesuai selera
5 bh tomat buah berukuran besar, kupas kulitnya dan buang biji, potong kotak kecil
170 gr pasta tomat
5 sdm saus tomat
1 sdt oregano bubuk
½ sdt basil bubuk
½ sdt merica bubuk
1 sdt kaldu daging sapi
1 sdt garam
2 sdm gula pasir
300 ml air
 3 sdm minyak untuk menumis


Saus Keju/Bechamel Sauce:
1000 ml susu cair
250 gr keju cheddar, parut
3 sdm mentega
3 sdm tepung terigu
⅛ sdt pala bubuk
½ sdt merica bubuk
½ sdt garam

Taburan:
250 gr mozarela atau Melted Cheese, parut kasar


Cara membuat:


  1. Saus Daging: Tumis bawang putih dan bombay hingga harum lalu masukkan daging giling, aduk hingga daging berubah warna. Kemudian masukkan tomat cincang, pasta tomat dan saus tomat, aduk hingga rata. Masukkan merica, garam, gula, oregano bubuk dan basil bubuk, lalu tuang air. Masak dengan api kecil selama ± 20 menit. Angkat dan sisihkan.
  2. Saus Keju: Siapkan wajan, panaskan mentega hingga mencair, lalu masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Tuang susu cair perlahan-lahan sambil diaduk-aduk dan pastikan tidak sampai bergerindil. Masukkan merica bubuk, pala bubuk dan garam. Lalu masukkan keju parut dan aduk hingga rata. Masak dengan api kecil hingga saus mengental. Angkat dan sisihkan. 

Cara Menyusun :
  • Siapkan loyang/cetakan Lasagna. Ukuran loyang bisa sesuai selera, jika kecil cukup patahkan lasagna sesuai ukuran loyang. Tidak perlu kawatir jika bentuk patahan tidak beraturan.
  • Pada bagian dasar, tuang saus daging terlebih dahulu. (Jangan letakkan lasagna pada bagian paling bawah)
  • Kemudian letakkan lasagna yang sudah sesuai ukuran wadah di atasnya, tuang saus daging lalu saus keju. Lakukan seterusnya secara berurutan (dari lasagna sampai saus keju). Isi terus hingga cukup memenuhi loyang.
  • Untuk lapisan terakhir adalah saus keju, kemudian taburi keju mozarella/melted cheese di atasnya.
  • Masak di oven dengan suhu 180°C selama ± 30 menit (atau sesuaikan dengan petunjuk pada kemasan lasagna). Sajikan Lasagna selagi hangat. 
  • Tips : Jika patahan lasagna instan tidak sesuai ukuran loyang atau tidak beraturan, saat menyusun lapisan, cukup tata patahan lasagna hingga menutupi seluruh permukaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar